Sistem Informasi Masa Kini

Cara Sukses dengan Sistem Informasi Masa Kini

Cara Mengatasi Anyang - Anyangan dengan Uri-Cran



Cara Mengatasi Anyang - Anyangan dengan Uri-Cran – Hari gini sakit anyang - anyangan, aduuh enggak banget deh. Dalam kegiatan sehari-hari yang amat sibuk, sakit anyang – anyangan tentu sangat mengganggu dan menghambat segala aktivitas Anda. Tapi jangan khawatir, perlu anda ketahui pada prinsipnya tidak ada penyakit yang tidak bisa diobati di dunia ini.

Cara Mengatasi Anyang - Anyangan dengan Uri-Cran
Prive Uri-Cran

Sebelum kita bahas cara mengatasi anyang – anyangan dengan Uri-Cran, ada baiknya Anda kenali dahulu penyakit anyang – anyangan ini agar Anda tidak salah dalam mengobatinya.

Ciri-ciri Penyakit anyang-anyangan biasanya ditandai dengan rasa sakit dan terbakar saat Anda buang air kecil. Hal ini merupakan salah satu gejala yang sering terjadi pada penyakit anyang-anyangan. Anyang-anyangan adalah salah satu indikasi dari penyakit infeksi saluran kemih atau juga gangguan pada ginjal. Disaat sedang buang air kecil, air yang harusnya keluar banyak namun saat mengalami anyang - anyangan biasanya air yang keluar sedikit dan rasa yang muncul juga sangat panas. Dalam dunia kedokteran, anyang-anyangan disebut dengan istilah penyakit infeksi saluran kemih.

Anyang-anyangan


Anyang-anyangan dapat menyerang pria atau wanita. Dibawah ini beberapa gejala umum yang terjadi pada penderita anyang-anyangan adalah :
  • Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
  • Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
  • Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
  • Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
  • Rasa perih ketika buang air kecil.
  • Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
  • Merasa lelah dan kurang sehat.
  • Demam
Selain itu, infeksi ini dibagi berdasarkan bagian sistem kemih mana yang terinfeksi sehingga mengakibatkan gejala-gejala yang berbeda, seperti:
  • Ginjal (pielonefritis akut): nyeri pada pinggang belakang atas, demam tinggi, mual, muntah.
  • Kandung kemih (sistitis): perasaan tidak nyaman pada perut bagian bawah, panggul terasa seperti ditekan, buang air kecil berulang kali dan terasa nyeri, serta adanya darah pada urine.
  • Saluran kencing (urethritis): kemaluan terasa perih saat buang air kecil. Penyebabnya sama, yaitu akibat menyebarnya bakteri sistem gastrointestinal dari anus ke saluran kemih.
Penyakit anyang-anyangan bisa sembuh dengan sendirinya, minumlah air putih dengan banyak. Namun untuk sebagian kasus, anyang-anyangan bisa menyebabkan timbulnya demam. Dan jika hal ini dibiarkan maka akan menimbulkan reaksi terjadinya infeksi saluran kemih yang lebih parah lagi.

Penyakit anyang-anyangan memang dapat diderita oleh pria maupun wanita, namun pada kenyataannya penyakit anyang-anyangan ini lebih banyak di derita oleh wanita karena organ reproduksinya lebih pendek, sehingga rentan mengalami gangguan di seputar saluran kemih, sedangkan pada pria memiliki alat reproduksi lebih panjang sesuai ukuran alat vitalnya.

Anyang - Anyangan Gejala Infeksi Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih


Infeksi saluran kemih  (ISK) adalah kondisi ketika organ yang termasuk ke dalam sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, mengalami infeksi. Infeksi saluran kemih dapat terjadi pada siapa saja. Akan tetapi, karena tubuh wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek, maka wanita lebih rentan mengalami infeksi saluran kemih.

Berawal dari ginjal, kotoran di dalam darah disaring dan dikeluarkan dalam bentuk air urine. Kemudian urine tersebut dialirkan dari ginjal melalui ureter menuju tempat penampungan yang disebut kandung kemih. Setelah ditampung, urine kemudian dibuang dari tubuh melalui saluran pelepasan yang disebut uretra.

Berdasarkan gejalanya, ISK dapat dibagi menjadi dua, yaitu ISK bagian bawah dan ISK bagian atas. ISK bagian bawah merupakan infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih (sistitis). Gejala dari kondisi ini meliputi rasa ingin selalu buang air kecil, nyeri atau perih saat buang air kecil, warna urine yang keruh, dan bau urine yang tidak sedap. Sedangkan ISK bagian atas merupakan infeksi yang terjadi pada ureter dan ginjal. Gejala dari kondisi ini meliputi nyeri pada bagian selangkangan, mual, dan demam.

Selain memeriksa riwayat kesehatan pasien dan menanyakan gejala-gejala yang dirasakan, upaya mendiagnosis ISK juga dapat dilakukan melalui beberapa tes untuk melihat adanya bakteri atau gangguan di dalam organ-organ saluran kemih. Beberapa jenis tes tersebut di antaranya seperti tes urine dan darah, pemeriksaan dengan menggunakan CT scan, sistoskopi, serta USG.

Penyebab anyang – anyangan


Kebanyakan dari kita tidak mengetahui apa yang menyebabkan anyang anyangan, padahal kita sering mengatakan bahwa gangguan pada saat buang air kecil ini yakni “anyang-anyangan”. Untuk istilah kedokteran, anyang-anyangan tidak bisa disebut dengan anyang-anyangan. Namun anyang-anyangan disebut dengan infeksi saluran kemih. Anyang-anyangan itu bisa menimbulkan rasa ingin buang air kecil namun ketika buang air kecil air seni yang dikeluarkannya hanyalah sedikit.

Perbedaan penderita ayang-anyangan dengan orang yang normal adalah orang yang anyang-anyangan jika akan berkemih merasakan sakit atau nyeri pada saluran kemihnya, sedangkan orang normal tidak mengalami itu semua. Rasa sakit itu sama seperti yang dialami oleh penderita batu ginjal. Anyang-anyangan yang tidak sembuh selama tiga hari sebaiknya segera diperiksakan ke dokter sebab bisa menjadi indikator penyakit yang serius.

Banyak yang tidak tahu apa saja yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit anyang-anyangan. Tahu-tahu mereka sudah merasakan gejala dari penyakit anyang-anyangan. Gejala itu misalnya ingin selalu buang air kecil, rasa nyeri atau sakit saat berkemih dan volume urin yang dikeluarkan adalah sedikit. Berikut ini penyebab anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih yang harus anda ketahui :

1. Kuman
Yang menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan adalah kuman. Kuman yang masuk ke dalam saluran kemih bisa menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan. Oleh sebab itulah jagalah kebersihan saat anda berkemih atau saat anda ke kamar mandi.

2. Chlamydia
Bakteri chlamydia merupakan salah satu bakteri yang bisa menyebabkan anyang-anyangan, Penyebab anyang-anyangan pada wanita yang disebabkan oleh Chlamydia sering kali terjadi. Hal ini karena, bakteri itu ada pada vagina wanita. Saat wanita terkena keputihan bakteri itu bisa masuk ke dalam saluran kemih dan menyebabkan wanita menjadi terkena keputihan.

3. Alergi
Pada pria anyang-anyangan bisa disebabkan oleh faktor alergi. Alergi itu bisa disebabkan oleh lendir atau cairan vagina yang adapada pasangannya setelah berhubungan intim. Pengecekan alergi terhadap cairan keputihan wanita ini penting dilakukan oleh pria agar tidak mengganggu aktivitas seksualnya bersama dengan pasangan.

4. Kurang Menjaga Kebersihan
Penyebab timbulnya anyang-anyangan adalah kurang menjaga kebersihan organ intim terutama sebelum dan sesudah berhubungan. Banyak pasangan yang sebelum melakukan hubungan seksual tidak membersihkan organ intimnya terlebih dahulu, begitu pula setelah berhubungan seksual. Hal itu bisa menjadi penyebab timbulnya anyang-anyangan.
Bakteri dan kuman yang ada di dalam organ intim bisa masuk ke dalam saluran kemih jika tidak dibersihkan terlebih dahulu. Akibatnya dua hari atau sehari setelah berhubungan baik pihak pria maupun wanita bisa terkena anyang-anyangan.

5. Struktur Organ Intim yang Tidak Normal
Salah satu hal yang menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan adalah struktur organ intim yang tidak normal. Struktur itu misalnya saja adalah refluks urin yang lebih tinggi dibandingkan saluran kemih bisa meningkatkan tekanan hidrostatik. Tekanan itu bisa memunculkan infeksi saluran kemih.

6. Gangguan Prostat
Prostat yang tergangggu fungsinya bisa menjadi penyebab anyang-anyangan pada pria. Hal itu dikarenakan prostat tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

7. Diabetes
Salah satu yang bisa menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan adalah penyakit kronis seperti diabetes. Diabetes mellitus penderitanya akan mengalami anyang-anyangan yang timbul akibat reaksi dari penyakitnya tersebut. Orang yang mengalami diabetes mellitus akan merasakan ingin selalu buang air kecil meskipun urin yang dikeluarkannya hanyalah sedikit. Tidak hanya diabetes saja, saat kadar asam urat dan tekanan darah tinggi, orang tersebut bisa terkena anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih.

8. Dehidrasi
Dehidrasi juga menjadi penyebab seseorang yang mengalami anyang-anyangan, alasannya adalah saat orang dehidrasi dia akan memproduksi sedikit urin. Semakin dia membiarkan tubuhnya dehidrasi, produksi urin akan semakin sedikit dan menyebabkan dirinya menjadi sulit untuk berkemih. Orang yang dehidrasi juga akan merasakan ingin selalu buang air kecil namun volume urin yang dikeluarkan hanyalah sedikit. Jika sudah begitu, anyang-anyangan pun bisa menyerang orang yang terkena dehidrasi tersebut.

9. Kehamilan
Orang yang sedang hamil tua biasanya akan mengalami anyang-anyangan. Penyebab anyang angan pada wanita ini adalah pada saat usia kandungan membesar kandungan itu akan menekan kantung kemih. Kantung kemih yang tertekan akan membuat seseorang selalu ingin buang air kecil atau berkemih. Meskipun urin yang ada di dalam kantung kemih sedikit, jika kantung kemih itu tertekan maka ibu hamil bisa merasakan keinginan untuk buang air kecil secara terus menerus.

10. Uretra Lebih Pendek
Wanita yang memiliki uretra lebih pendek bisa terkena anyang-anyangan, penyebabnya adalah kuman dan bakteri bisa langsung masuk ke saluran kemih melalui uretra yang pendek tersebut.

11. Alat KB
Efek dari penggunaan alat KB adalah rasa ingin buang air kecil secara terus menerus, terutama jika alat KB tersebut berbentuk spiral yang dimasukkan ke dalam rahim wanita. Selalu kontrol alat KB anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak anda inginkan.

12. Menopause
Menopause bisa menyebabkan wanita terkena anyang-anyangan. Penurunan hormon estrogen bisa menyebabkan seseorang menjadi terkena infeksi saluran kemih.

13. Batu Ginjal
Batu ginjal yang dialami oleh pria dan sedikit wanita bisa menyebabkan seseorang terkena infeksi. Batu ginjal itu bisa menekan saluran kemih sehingga rasa ingin berkemih terus-terusan namun tidak bisa dikeluarkan semua dikarenakan tersumbat dengan adanya batu ginjal tersebut.

Tidak hanya itu saja penyebab anyang - anyangan. Tahukah Anda, 80 % penyebab Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah bakteri E-Coli yang menempel pada dinding saluran kemih.

Jangan anggap sepele anyang-anyangan!
Secara anatomi, saluran kemih wanita lebih rentan diserang bakteri jahat E-Coli. Bila tidak segera ditangani ini akan mengakibatkan infeksi saluran kemih.

Cara mengatasi anyang – anyangan


Ada beberapa cara yang dipercaya bisa mengatasi anyang – anyangan mulai dari Antibiotik, Ramuan Tradisional, Banyak Minum Air Putih,  Mendengarkan Gemericik Keran, Minum Air Jeruk Nipis, dan lain-lain. Tapi cara mengatasi anyang – anyangan yang paling efektif dan aman adalah dengan mengonsumsi Privé Uri-cran.

Privé Uri-cran adalah solusi alami untuk mengatasi Anyang-anyangan yang merupakan gejala dari Infeksi Saluran Kemih (ISK). Jangan ragu untuk mengonsumsi Privé Uri-cran dan Privé Uri-cran plus, solusi Anyang-anyangan pertama di Indonesia.

Uri-cran berisi ekstrak buah Cranberry yang dapat mengatasi Anyang-anyangan yang merupakan gejala awal dari infeksi saluran kemih dan mencegah Anyang-anyangan berulang.


Penggunaan Cranberry sebagai solusi alami untuk mengatasi Anyang-Anyangan atau infeksi saluran kemih telah lama dikenal di dunia. Kandungan Cranberry dapat mencegah bakteri E.coli menempel pada dinding saluran kemih.


1. Sejarah Cranberry

Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Tanaman cranberry memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, hanya saja cranberry mempunyai warna merah tua. Buah cranberry yang tergolong ke dalam tumbuhan semak-semakan pendek ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Konon, buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, yakni sebagai obat luka akibat terkena panah. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan.

2. Kandungan Cranberry

Buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.


3. Manfaat mengkonsumsi Cranberry

Banyak wanita di atas usia 20 tahun menderita infeksi saluran kemih yang menyebabkan ketidaknyamanan. Sementara, jus cranberry diketahui efektif mencegah infeksi saluran kemih.Hal ini karena buah cranberry memiliki antioksidan yang disebut proanthocyanidins, dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi ini. Selain itu, antioksidan ini juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi. Kandungan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin yang terdapat pada buah cranberry terbukti ampuh melawan kanker secara in vitro, namun kurang diserap di dalam tubuh manusia dan cepat dieliminasi dalam darah.


4. Riset Mengenai Cranberry

Pada awalnya, sejak jaman terdahulu, cranberry digunakan untuk berbagai macam pengobatan, dikarenakan kandungannya yang amat sangat beragam dan bermanfaat bagi berbagai macam penyakit dan kondisi tubuh. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan. Dan kini ekstraknya mulai digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih. Dan akhirnya pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

Prive Uri-Cran
Prive Uri-Cran
Komposisi: 250 mg Ekstrak Cranberry Sediaan: Kapsul Dosis: 1-2 Kapsul / Hari
Isi per Box: 30 Kapsul / Box
Prive Uri-Cran plus
Prive Uri-Cran plus 
Komposisi: 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum.
Sediaan: Powder Sachet Dosis: 1-2 Sachet / Hari Isi per Box: 15 Sachet / Box

Jika Anda Mengalami Anyang-anyangan

Periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami satu atau beberapa kondisi di atas. Dokter akan memeriksa sampel urine untuk mendeteksi kemungkinan keberadaan bakteri penyebab anyang-anyangan. Pada umumnya akan ditangani dengan pemberian antibiotik yang harus dikonsumsi sampai habis, disesuaikan dengan jenis bakteri di dalam urine. Selain itu dokter dapat meresepkan analgesik untuk mengurangi rasa perih atau nyeri saat buang air kecil.

Anda juga dapat menempatkan kantong atau botol berisi air hangat pada perut bagian bawah untuk mengurangi nyeri pada kandung kemih. Selain itu, Anda akan disarankan untuk minum banyak air untuk membantu membilas bakteri dari saluran kemih. Namun jika pasien telah mengidap anyang-anyangan hingga beberapa kali, maka dokter akan merekomendasikan pengobatan lain, seperti:

  • Tes urine di rumah untuk mendeteksi infeksi.
  • Jika infeksi Anda dicurigai ada hubungannya dengan aktivitas seksual, dokter Anda akan meresepkan antiobiotik untuk dikonsumsi setelah berhubungan seksual.
  • Pemberian antibiotik untuk masa yang lebih lama.
  • Setelah memasuki masa menopause, terapi estrogen dapat diberikan untuk mengurangi risiko anyang-anyangan kembali terulang.
  • Sementara ISK yang berada pada tahap parah mungkin membutuhkan pemberian antibiotik melalui infus di rumah sakit.

Jika tidak segera ditangani, anyang-anyangan dapat membawa risiko serius, seperti kerusakan ginjal akibat infeksi ginjal akut atau kronis, terutama pada anak-anak. Pada ibu hamil, anyang-anyangan yang tidak ditangani dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur atau bayi lahir dengan berat badan lahir rendah.

Sebagian Lebih Berisiko

Semua orang, laki-laki atau perempuan, memang dapat mengidap anyang-anyangan, namun ada yang lebih berisiko mengalami situasi ini, yaitu:
  • Wanita lebih berisiko mengidap anyang-anyangan karena saluran kencingnya lebih pendek, sehingga bakteri lebih mudah mencapai kandung kemih.
  • Wanita yang aktif secara seksual lebih berisiko mengidap anyang-anyangan.
  • Wanita yang menggunakan alat kontrasepsi, terutama kontrasepsi diafragma dan spermisida.
  • Memiliki kelainan saluran kemih bawaan sejak lahir yang menyebabkan urine tidak dapat keluar dari tubuh secara normal  atau mengalir kembali ke kandung kencing  sehingga meningkatkan risiko ISK.
  • Setelah masa menopause, risiko wanita terkena anyang-anyangan meningkat karena kurangnya kadar estrogen mengubah keadaan imun kandung kemih sehingga lebih rentan untuk terinfeksi.
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh akibat penyakit tertentu, seperti diabetes, sehingga menyebabkan tubuh tidak bisa melawan bakteri.
  • Mengalami penumpukan urine pada kandung kencing akibat sumbatan pada saluran kencing seperti pembesaran prostat yang menekan saluran kencing atau batu ginjal.
  • Orang yang menggunakan kateter untuk buang air kecil.
    Jika Anda berada pada salah satu dari kondisi di atas, sebaiknya berhati-hati dan segera lakukan tindakan-tindakan pencegahan agar terhindar dari risiko anyang-anyangan.

Meski anyang-anyangan dapat terjadi pada satu dari dua orang, namun tetap ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit ini:
  • Hindari minuman yang berisiko menimbulkan iritasi pada kandung kemih, seperti minuman ringan yang mengandung jeruk, minuman keras/alkohol, dan minuman berkafein.
  • Konsumsi cukup air mineral untuk mengeluarkan bakteri dan memperlancar pembuangan urine.
  • Setelah buang air besar atau kecil, basuh kemaluan dari depan ke belakang untuk mengurangi penyebaran bakteri dari anus ke vagina dan saluran kencing.
  • Segeralah buang air kecil dan konsumsi air mineral setelah berhubungan seksual.
  • Sebaiknya hindari menggunakan produk untuk area kewanitaan, seperti semprotan deodoran atau bedak yang berisiko menimbulkan iritasi.

Dengan menerapkan cara-cara di atas dan menjalani pola hidup sehat, Anda dapat memperkecil risiko mengidap anyang-anyangan kembali atau bahkan dapat menghindari risiko terkena penyakit ini sejak awal.

Sakit Buang Air Kecil


Sakit buang air kecil adalah salah satu indikasi penyakit Anyang-Anyangan. Risiko seorang wanita terkena anyang-anyangan sepanjang hidupnya mencapai 50 persen. Kebanyakan perempuan juga berisiko mengidap kondisi ini berulang kali bahkan hingga bertahun-tahun.



Penyebab Saki Buang Air Kecil


Sering membilas kemaluan dari belakang ke depan setelah buang air? Segera hentikan kebiasaan ini karena bisa menyebabkan anyang-anyangan atau infeksi saluran kencing (ISK).


Hal ini disebabkan uretra atau saluran kencing yang meneruskan urine dari kandung kemih ke bagian luar tubuh terletak dekat dengan anus. Membilas dari belakang ke depan mengakibatkan bakteri dari usus besar, seperti E.coli, dapat keluar dari anus dan masuk ke saluran kencing. Bakteri ini kemudian  menginfeksi kandung kemih yang jika tidak segera diobati juga dapat menginfeksi ginjal.


Mengatasi Susah Buang Air Kecil

Susah buang air kecil bisa menimpa siapapun, baik itu pria atau pun wanita. Salah satu gejala paling umum dari gangguan ini adalah ketika keinginan kencing sudah tidak tertahankan, namun membutuhkan waktu yang cukup lama sampai urin keluar.

Kondisi ini harus diwaspadai dan tidak boleh dibiarkan karena dapat menimbulkan infeksi dan komplikasi ke organ-organ tubuh yang lainnya.

Saat mengalami gangguan susah buang air kecil, beberapa langkah mandiri bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini.
  • Lakukan pijatan lembut pada kandung kemih yang terletak di perut bagian bawah untuk memaksimalkan kekosongan air seni di dalamnya.
  • Tempelkan air hangat pada perut bagian bawah. Rasa hangat akan merelaksasi beberapa organ yang bertugas mengantarkan air seni.
  • Mendeteksi semua perubahan pola buang air kecil yang terjadi pada Anda akan sangat berguna jika Anda harus melakukan perawatan dokter.
Jika susah buang air kecil tidak reda dengan tindakan di atas, maka konsumsi Prive Uri-Cran. Tidak peduli jenis kelamin Anda, jika mengalami susah buang air kecil yang disertai dengan hal-hal berikut, konsumsi Prive Uri-Cran.
  • Susah buang air kecil terjadi berhari-hari.
  • Tidak bisa kencing.
  • Terdapat darah dalam air kencing.
  • Urin berwarna keruh.
  • Keluar cairan dari kemaluan.
  • Demam dan muntah.
Jika sakit Berlanjut segera lakukan konsultasi dengan Dokter. Yang paling penting, jangan pernah menyepelekan anyang - anyangan atau pun susah buang air kecil karena hal tersebut hanya berpotensi menyebabkan komplikasi seperti infeksi dan gagal ginjal.

Valuable Woman Of The Month - Prive Uri Cran

Demikian penjelasan mengenai Cara Mengatasi Anyang - Anyangan dengan Uri-Cran, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Baca juga artikel - artikel menarik lainnya, terima kasih.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Cara Mengatasi Anyang - Anyangan dengan Uri-Cran"

cara cepat mengobati anyang anuangan dalam 10 menit http://www.resepibuiis.ga/2016/01/cara-cepat-mengobati-anyang-anyangan.html

download videonya di www.muviza.ga

 
Template By Kuncidunia
Back To Top