Sistem Informasi Masa Kini

Cara Sukses dengan Sistem Informasi Masa Kini

Cara Membuat Website Sendiri Mudah dan Gratis Untuk Pemula

Cara Membuat Website Sendiri - Hai Sobat, kali ini kita akan Belajar Membuat Website nih. Dalam membuat website ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelumnya. Pertama, Apa tujuan Anda membuat website? Jawaban pertanyaan tersebut dapat mengarahkan pikiran Anda untuk menentukan dan menjawab pertanyaan selanjutnya yaitu,  Website seperti apa yang akan Anda buat untuk mencapai  tujuan tersebut? dan bagaimana cara membuat website-nya?


Cara membuat website untuk pemula yang sama sekali belum mengerti tentang website sebenarnya mudah sekali dan tidak perlu khawatir jika anda tidak mengerti script, html, php, css, javascript dan tentang pemrograman. Sekarang tidak serumit dulu yang mengharuskan Anda bisa banyak hal baru bisa mempunyai website sendiri. Nah, di halaman “Cara Membuat Website Sendiri Mudah dan Gratis Untuk Pemula” Anda akan diajarkan bagaimana memulainya dari nol atau dari awal hingga blog atau website buatanmu sendiri bisa online dan dilihat banyak orang di seluruh daerah dan bahkan semua negara di dunia. Yang perlu dilakukan adalah hanya beberapa langkah mudah yang mungkin belum pernah Anda bayangkan sebelumnya, bahwa ternyata semudah itu melakukannya. Tahapannya adalah mempersiapkan tema, memilih domain (alamat website .com Anda), mendaftar hosting, memilih CMS (Content Management System), dan menata template (skin atau tampilannya) hingga membuatnya terindeks oleh Google agar mudah ditemukan banyak orang.


Perlu  Anda  ketahui, jenis website itu bermacam-macam, ada yang hanya satu halaman sederhana saja, ada yang memuat beberapa halaman seperti website perusahaan, ada yang menggunakan sistem blog dan sering disebut juga blog atau weblog (website blog), ada yang menggunakan sistem CMS  (Content Management System) seperti joomla, ada yang berupa forum diskusi, ada yang berupa website iklan baris, ada yang berupa website toko online dan ada yang lebih kompleks lagi seperti website komunitas friendster.


Satu hal lagi yang perlu diketahui bagi semua yang baru mau belajar membuat website bahwa kemampuan seperti ini sebenarnya bukanlah kepintaran atau pun kecerdasan, tapi hanya keterampilan yang hanya bisa dikuasai kalau sering diulang-ulang tekniknya dan terus dipelajari cara-caranya. Jadi, yang dibutuhkan dalam membuat blog sebenarnya hanya kemauan dan mau meluangkan waktu untuk berlama-lama di depan komputer. Selain itu, menggunakan alat bantu google dalam mencari segala panduan pengaturan blog dan juga jika terjadi error adalah sebenarnya salah satu kunci sukses jika ingin jadi ahli di bidang ini, dan ini sebenarnya yang banyak tidak dilakukan orang, padahal di depannya ada internet dan mbah Google yang siap ditanya apa pun dan kapan saja kita mau, tapi tetap saja banyak yang bilang tidak bisa dan memilih mengandalkan orang yang juga belum tentu ahli.


Dalam membuat sebuah website atau pun blog yang perlu Anda persiapkan hanyalah komputer dan jaringan internet. Jika Anda sudah mempersiapkan kedua hal tersebut itu artinya anda siap untuk membuat website. Berhubung tahapan-tahapan dalam membuat website ini lumayan banyak sebaiknya siapkan juga segelas kopi dan cemilan secukupnya untuk menemani Anda dalam Belajar Membuat Website. :)

Cara Membuat Website Sendiri



Baiklah, kita mulai sekarang. Tahapan pertama adalah:


Tahap Pembuatan Website


Berikut beberapa langkah dalam pembuatan website:

1. Menentukan Tema Website


Menentukan tema website di sini adalah erat kaitannya dengan jumlah visitor atau kunjungan pada web Anda nantinya. Bilamana tema website atau situsnya hanya dicari oleh kurang lebih 10ribu orang per bulannya maka nantinya kunjungannya juga bisa jadi kurang dari 1000 orang per hari. Tapi misalnya website yang akan anda buat memang untuk tujuan memasarkan bisnis atau memperkenalkan lembaga atau usaha Anda maka ini mungkin tidak perlu dilakukan. Hanya saja untuk memilih kata kunci yang tepat dalam tema pokok yang telah kita tentukan juga tak kalah pentingnya dan sangat disarankan memilih frase atau susunan kata yang memang banyak diketik orang di mesin pencari. Untuk tujuan ini disarankan menggunakan bantuan dari alat yang disediakan oleh Google, yakni Google Adwords Keyword Planner.


Fungsi utama dari Keyword Planner adalah untuk mengetahui susunan kata apa saja yang paling banyak diketikkan di mesin pencari, terutama di Google. Selain itu, kita juga bisa tahu berapa rata-rata kunjungan dari tiap kata kunci yang kita pilih sehingga tau persis mana yang harus lebih diprioritaskan nantinya saat website kita pertama kali jadi. Tapi perlu juga Anda ketahui bahwa sebenarnya tujuan utama dari Google Adwords ini disediakan adalah untuk tujuan orang yang mau pasang iklan di Google agar mereka lebih mudah menargetkan target pasarnya dengan menentukan keyword apa yang paling pas untuk promosi mereka. Layanan ini mungkin bisa Anda gunakan untuk melakukan promosi web anda juga, selanjutnya ikuti langkah kedua di bawah ini.


2. Mendaftar Domain dan Menyediakan Hosting Untuk Website Anda


A. Domain


Domain  adalah  nama  atau  alamat  dari  sebuah  website.  Di  Internet,  setiap  orang  harus mengetikkan sebuah nama domain untuk bisa membuka dan membaca isi dari sebuah website. Dalam hal ini, peranan pemilihan nama domain cukup penting untuk membedakan website Anda dengan website orang lain.


Domain  ini  terdiri  dari  nama  domain  dan  extension.  Contoh  teknologiarif.com, teknologiarif adalah  nama  domain  dan  .com  adalah  extensionnya.  Extension  biasanya mewakili untuk kategori tertentu seperti .com untuk keperlukan komersial, .net untuk keperluan jaringan, .org untuk keperluan website nonkomersial, dan lain-lainnya. 

Extension bermacam-macam, bisa berupa TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .org atau ada  juga  yang  berupa  cTLD  (country Top  Level  Domain)  seperti  .co.id,  .co.cc  dimana  id mewakili domain negera Indonesia.


Untuk memilih nama domain Anda bisa menggunakan website yang menyediakan jasa registrasi nama domain atau dengan menggunakan software domain tools untuk membantu memilih nama domain untuk website Anda. 


Tips dalam memilih nama domain antara lain:

  1. Pilih nama domain yang simpel dan mudah diingat 
  2. Pilih nama domain yang sesuai dengan mewakili isi dan tujuan dari website Anda, untuk mempermudah orang mengingat nama domain atau alamat website Anda nantinya. 
  3. Bila Anda menggunakan nama domain yang panjang, usahakan menggunakan nama domain yang berisi kata-kata yang umum, sehingga menghidari untuk kesalahan dalam menuliskan nama domain. 
  4. Anda bisa menggunakan tanda (-) bila Anda mau. 
  5. Usahakan pilih domain .com 
  6. Anda bisa mengikut sertakan keyword dalam nama domain Anda untuk membantu proses SEO  (search engine optimization), agar website Anda tampil di search engine dengan posisi lebih atas.

B. Hosting


Hosting adalah tempat Anda meletakkan file-file website Anda di sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet. Jadi agar website Anda bisa ditampilkan, maka file-file website perlu Anda simpan di sebuah server hosting. Anda perlu membeli paket hosting. Jika dibahasakan secara sederhana, jadi hosting ini adalah space tempat kita meng-online-kan web kita. Umumnya jasa hosting ini disediakan oleh perusahaan yang mana setiap orang yang ingin menggunakan jasanya harus mengeluarkan biaya bulanan atau pun tahunan agar situsnya bisa tetap online.


Ada banyak pilihan penggunaan, ada yang namanya Shared Hosting yang mana dalam satu server digunakan oleh banyak website, atau istilahnya hosting patungan. Inilah model jasa hosting yang banyak digunakan oleh pengguna website. Ada juga namanya VPS (Virtual Private Server), nah kalau yang ini lain lagi karena dalam satu server hanya dipakai oleh satu atau beberapa web saja, tapi sayang, jika memilih hosting jenis ini kita harus paham cara pengelolaan hosting termasuk ilmu pemrograman, selain itu harganya juga lebih mahal. Harga dari sebuah paket hosting bermacam-macam, tergantung fasilitas yang diberikan. Anda bisa membeli paket hosting di luar negeri maupun di Indonesia.


Dalam memilih paket Hosting, Anda beberapa hal yang perlu diperhatian yaitu:

  1. Sistem  Server  yang  digunakan  apakah  Linux  atau  Windows.  Hal  ini  akan  menentukan software  dan  bahasa  pemograman  website  yang  bisa  digunakan.  Kebanyakan  orang menggunakan Linux. Anda pilih Linux saja.
  2. Besaran Disk Space yang diberikan. Disk Space adalah kapasitas pada server hosting yang diberikan untuk Anda, untuk menyimpan file-file website Anda. Seperti besaran space untuk menyimpan file Anda di komputer Anda. Tentunya pilihan terbaik adalah paket hosting yang memberikan Disk Space yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 
  3. Besaran  Bandwidth  yang  diberikan.  Bandwidth  adalah  kapasitas  akses  perbulan  yang diberikan  untuk  mengakses  website  Anda.  Setiap  orang  yang  membuka  website  atau mendownload file dari website Anda agar bisa ditampilkan pada browser firefox atau internet explorer-nya  akan  mendownload  file  Anda,  hal  tersebut  akan  memakan  bandwidth.  Dan kapasitas pemakaian bandwidth ini akan direset setiap awal bulan. 
  4. Domains Allowed. Jumlah domain yang bisa digunakan dalam sebuah paket hosting. Anda
    bisa menggunakan 1 buah paket hosting untuk semua domain Anda bila paket hosting tersebut memberikan akses untuk itu, dan Anda juga perlu mempertimbangkan besarnya disk space maupun bandwiidth yang diberikan, apakah cukup untuk menjalankan domain-domain Anda.
  5. Jumlah  Database  yang  diijinkan.  Contoh  untuk  Linux,  berapa  banyak  jumlah  database MySQL yang diijinkan. 

Untuk pembelian domain dan hosting ini tidak perlu Anda lakukan pada satu buah perusahaan. Anda bisa membelinya dari tempat-tempat yang berbeda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungkan antara domain dan hosting ini dengan melakukan setting DNS (Domain Name Server) pada account domain Anda. Hal ini dilakukan untuk mengkoneksi  domain  dengan hosting.


Saat ini banyak sekali perusahaan di indonesia maupun di luar negeri yang bergerak di bidang jasa pendaftaran domain dan penyediaan  paket  web  hosting.  Dengan  tingkat  persaingan  yang  ketat  saat  ini, sampai-sampai  ada  beberapa  perusahaan  domain  dan  hosting  yang  memberikan layanannya secara gratis dan Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk membuat website Anda dengan biaya hampir nol, sebab biaya normal untuk pembelian domain kira-kira Rp.80.000,- per tahun dan untuk web hosting kira-kira Rp. 360.000,- pertahun untuk paket pemula. Bila Anda membuat website untuk kepentingan personal atau bisnis kecil, Anda bisa mengambil domain dan web hosting gratis dan bila Anda membuat website untuk kepentingan bisnis besar, tentunya sebaiknya Anda menggunakan domain dan web hosting yang berbayar, hal ini dikarenakan dengan kebutuhan spesifikasi web hosting yang  diberikan  untuk  menunjang  kebutuhan  website  Anda. 


Mari kita mulai mendaftar Domain dan Hosting dari yang gratisan terlebih dahulu.


Langkah-Langkah Mendaftar Domain Gratis:

  1. Buka situs http://www.pemasarinternet.com/go/domaingratis
  2. Selanjutnya ketikkan nama domain yang Anda inginkan.
  3. Bila nama domain masih tersedia, klik ”Continue to registration”.
  4. Kemudian buat account baru, klik ”Create an account now”. Dan bila Anda sudah pernah membuat account sebelumnya, Anda tinggal ”sign in” memasukkan username (email) dan password yang pernah Anda buat sebelumnya. Catatan: 1 account Anda bisa memiliki sampai 3 nama domain .co.cc. 
  5. Kemudian isi data diri Anda dengan lengkap dan benar, data ”organization name” bisa Anda kosongkan.
  6. Proses pendaftaran domain sudah berhasil selanjutnya klik ”Set up”.
  7. Kemudian Anda perlu memasukkan data Name Server yang disediakan oleh Web Hosting Anda. Anda biarkan dahulu halaman website ini, jangan Anda tutup dan ikuti langkah selanjutnya untuk mendaftar web hosting gratis.


Langkah-Langkah Mendaftar Web Hosting Gratis:


  1. Buka halaman baru pada browser Firefox atau Internet Explorer Anda dan ketikkan alamat website: http://www.pemasarinternet.com/go/hostinggratis.
  2. Kemudian Klik tombol ”Sign Up” untuk memulainnya.
  3. Anda isikan namadomain yang Anda pilih sebelumnya contoh namadoman.co.cc, kemudian isikan data-data lainnya dengan lengkap dan benar.
  4. Selanjutnya Anda perlu melakukan konfirmasi melalui email Anda, cek pada inbox maupun bulkmail account Email Anda.
  5. Pada Email Anda klik Link Konfirmasi pembuatan account pada web hosting gratis tersebut.
  6. Kemudian Klik “Setup My Account”.
  7. Proses Setup web hosting sedang dilakukan, Anda biarkan sampai proses setup selesai.
  8. Proses Setup Hosting sudah selesai, sebaiknya Anda catat data-data untuk mengakses member area dan account detail Anda, untuk mudahnya simpan saja halaman ini (File>Save Page as pada browser Anda). Selanjutnya catat NameServer yang diberikan, dan masukkan data tersebut pada account domain Anda untuk mengupdate data DNS (Domain Name Server), Catat nameservers yang diberikan: dns1.000webhost.com dan dns2.000webhost.com.
  9. Kembali ke halaman account domain Anda, masukkan data DNS (Domain Name Server) yang diberikan oleh web hosting tersebut pada account domain Anda, kemudian klik ”Set up”. 
  10. Proses pendaftaran dan menghubungkan domain dan hosting gratis sudah selesai. Anda bisa menunggu sampai proses penyebaran DNS selesai, proses ini bisa cepat dan bisa lambat sampai dengan 2x24jam. Bila proses penyebaran DNS sudah selesai Anda bisa mengeceknya dengan mengetikkan nama domain Anda pada browser, dan bila proses penyebaran DNS sudah selesai maka akan ditampilkan halaman seperti ini:




Naah bagi Anda yang ingin mendaftar Domain dan Hosting yang profesional atau berbayar simak penjelasan berikut.


Langkah-langkah Mendaftar Domain Profesional:

Untuk memilih nama domain Anda bisa menggunakan website yang menyediakan jasa registrasi nama domain atau dengan menggunakan software domain tools untuk membantu memilih nama domain untuk website Anda. 

Bila Anda mengunakan website yang menyediakan jasa registrasi nama domain, contohnya http://domainhostingmurah.net, Anda tinggal masukkan nama domain yang Anda sukai untuk mengecek apakah masih tersedia atau tidak .

Anda  buka 
http://domainhostingmurah.net  dan  masukkan  nama  doman  dan  extension  yang Anda pilih.Bila masih tersedia, Anda bisa melakukan registrasi nama domain tersebut.

Cara Membuat Website Sendiri dan Belajar Membuat Website

Usahakan untuk memilih nama domain dengan extension .com karena lebih umum dan lebih banyak dikenal orang. Registrasi domain ini akan dilakukan pertahun, setahun sekali Anda harus  membayar  biaya  registrasi  domain  tersebut  bila  Anda  ingin  tetap  memiliki  dan menggunakannya.

Bila Anda tidak melakukan perpanjangan registrasi untuk tahun berikutnya, maka setelah domain Anda expired, domain tersebut akan terbuka kembali untuk umum sehingga orang lain bisa mendaftarkan dan menggunakannya.

Bila Anda tidak memiliki bayangan untuk nama domain Anda, Anda bisa menggunakan domain tools untuk membantu Anda memberikan saran nama domain yang bisa Anda gunakan. Anda buka http://domaintools.com dan pilih Tabs "Suggestions". Dan masukkan kata-kata yang akan Anda  gunakan  dalam nama  domain Anda. Anda bisa  memasukan  lebih dari  satu  kata  dan dipisahkan dengan tanda (,).

Cara Membuat Website Sendiri dan Belajar Membuat Website

Dan dari http://domaintools.com ini, Anda bisa menggunakan fasilitas lainnya seputar domain. Pada langkah ini, Anda sudah mendapatkan nama domain profesional/berbayar untuk website Anda.

Langkah-langkah Mendaftar Web Hosting Profesional:

Untuk web hosting Anda perlu membeli paket hosting. Harga dari sebuah paket hosting bermacam-macam, tergantung fasilitas yang diberikan. Anda bisa membeli paket hosting di Indonesia maupun di luar negeri. Anda bisa membeli domain dan hosting pada website berikut: 

1. Untuk pembelian di Indonesia.

Anda bisa membeli melalui http://domainhostingmurah.net yang merupakan sebuah website waralaba dari hosting idwebhost. Pembelian melalui website waralaba lebih murah dibandingkan pembelian langsung di idwebhost, kurang lebih 8-10% dari harga. Fasilitas dan support tetap sama diberikan oleh idwebhost.

2. Untuk pembelian di luar negeri.

Setiap pembelian domain dan hosting di luar negeri memerlukan pembayaran menggunakan kartu  kredit  atau  dengan  PayPal,  tetapi  Anda  bisa  mendapatkan  paket  unlimited  domain, unlimited  bandwidth,  unlimited  hosting,  unlimited  database  untuk  semua  website  Anda sehingga tidak perlu membeli hosting lagi ditempat lain. 

Anda bisa membandingkan harganya dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda, bila Anda cuma memerlukan satu website saja, Anda bisa membeli domain dan hosting di
http://domainhostingmurah.net, tetapi bila Anda berencana membuat banyak website, agar tidak membeli hosting setiap kali, akan lebih hemat dengan membeli di http://www.hostupon.com.

Pembelian domain dan hosting ini tidak perlu Anda lakukan pada satu buah perusahaan. Anda bisa membelinya dari tempat-tempat yang berbeda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungkan antara domain dan hosting ini dengan melakukan setting DNS (Domain Name Server) pada account domain Anda. Hal ini dilakukan untuk mengkoneksi  domain  dengan hosting.


Jika seandainya kamu tidak punya biaya atau mungkin tidak mau mengeluarkan dana rutin tiap bulan maka bisa dengan cukup menggunakan web hosting gratisan saja. Hanya saja yang wajib diketahui jika kita menggunakan layanan seperti ini umumnya ada syarat dan ketentuannya, misalnya gratisnya hanya setahun pertama dan tahun selanjutnya harus bayar, atau gratis tapi dengan syarat ada iklan yang muncul dalam web nantinya, ini sudah pasti sangat mengganggu karena kita tidak leluasa mengolah website kita sendiri. Tapi saran saya, kalau tujuannya untuk jangka panjang dan nantinya blog yang kita buat untuk dipasangi iklan dari Google maka tak masalah kalau beli hosting berbayar karena nanti pasti akan ada penghasilan dari iklan tersebut untuk membayar biaya bulanannya.
 

3. Memilih CMS untuk Membuat Situs

CMS adalah kependekan dari Content Management System, dan jika dibahasakan secara sederhana, CMS ini adalah sistem yang digunakan untuk mengelola website kita, tepatnya adalah halaman Admin untuk pemilik web yang mana dengannya kita bisa login dan melakukan segala yang diperlukan untuk situs yang dikelola, seperti menulis artikel, mengatur tata letak widget, membuat menu dan mengatur link, menata warna, tulisan, spasi gambar dan sebagainya. Intinya, CMS ini digunakan sebagai management untuk otak atik isi blog kita agar tampilannya lebih menarik saat dikunjungi oleh orang banyak.

CMS yang lazim digunakan dan bahkan paling banyak dipakai blog mana pun di seluruh dunia sebenarnya Cuma ada 2 yaitu, Blogger/Blogspot dan WordPress, selain keduanya mungkin hanya digunakan oleh beberapa saja, misalnya Joomla, Drupal, Oscommerce, dan lain sebagainya. Masing-masing mempunya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Misalnya untuk blogger pengaturannya lebih simple dan gampang sehingga lebih disarankan untuk pengguna pemula. Jadi kalau anda memilih blogger atau blogspot maka hampir tak ada bedanya dengan blog gratisan, hanya saja di sini kita telah merubah namanya jadi .com (dot com) agar lebih profesional, tentunya pula tak butuh biaya hosting untuk ini. Adapun WordPress kita lebih mudah menambahkan berbagai plugin di dalamnya yang mana dari plugin tersebut kita bisa menambahkan variasi dalam blog kita, seperti tombol share, halaman popup (melayang), fitur login untuk pengguna dan lain sebagainya. Hanya saja jika pakai WordPress, kalau tidak mau pake domain gratisan yang ada akhiran wordpress di belakangnya, seperti blogku.wordpress.com, maka kita sebaiknya menggunakan domain .com dan hosting berbayar sendiri, tentunya butuh biaya untuk ini. Selain itu, WordPress agak sulit penanganannya, apalagi kalau terjadi error. Buat pemula sebaiknya pakai blogspot dulu, kecuali mau meluangkan banyak waktu belajar otodidak, maka tidak masalah langsung menggunakan WordPress.

Setelah Anda menentukan CMS yang akan anda gunakan untuk website Anda, hal yang harus dilakukan adalah menginstal CMS tersebut ke dalam hosting yang telah Anda buat sebelumnya. Ada dua cara dalam menginstall wordpress di hosting Cpanel, yakni dengan menggunakan aplikasi langsung dalam Cpanel (software induk untuk mengelola akun hostingmu dan termasuk pula sistem dalam webm), dalam hal ini kita menggunakan Softaculous, dan juga dengan cara manual menggunakan FTP atau Filezilla yang mana sebelum itu blognya di kelola secara offline di localhost dengan bantuan software bernama XAMPP, baru kemudian di upload menggunakan Filezilla tadi.

Berikut Langkah-Langkah menginstal WordPress pada Web Hosting Cpanel:

1. Anda login di cpanel hosting Anda, dengan alamat http://domainanda.com/cpanel. Kemudian masukkan username dan password yang diberikan oleh hosting Anda. Pada cpanel hosting Anda biasanya sudah tersedia video yang akan memandu Anda dalam menggunakan fasilitas di cpanel dengan baik. Lebih baik Anda belajar melalui video tersebut.

 2. Pada Cpanel Hosting Anda, Anda klik icon "Fantastico"


3. Kemudian akan ditampilkan daftar software open source yang bisa digunakan. Fantastico merupakan program yang membantu proses penginstallan software dengan mudah. Hanya dengan mengisi data dan mengikuti langkah-langkah yang sudah disediakan, seperti yang akan dijelaskan dalam tutorial belajar membuat website dengan blog wordpress ini. Anda Pilih WordPress.


4. Selanjutnya klik "New Installation".


5. Dilanjutkan dengan mengisi data untuk tempat penginstallan blog wordpress. Bila Anda ingin menginstall blog wordpress pada directory utama di domainanda.com, Anda kosongkan kolom "Install in directory". Tetapi bila Anda ingin menginstall pada subdomain Anda, Anda masukkan nama subdomain folder yang akan digunakan.


6. Klik "finish installation" untuk menyelesaikan proses penginstallan blog worpress.


Hasilnya:

Belajar Membuat Website dan Cara Membuat Website Sendiri

Selanjutnya  Anda  dapat  login  ke  halaman  admin  area  website  blog  wordpress  Anda  dan mengedit isi maupun tampilan blog Anda.

4. Pasang Theme atau Template Website

Jadi kalau kita sudah melakukan semua tahap di atas, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan memasang theme atau Template. Theme adalah skin atau tampilan dari website yang kita buat. Jadi bentuk layout dari web kita yang dilihat orang saat mengunjunginya itulah yang dinamakan  dengan Theme. Bedanya antara Theme dan Template adalah, theme adalah istilah yang dipakai dalam web wordpress, sedang template untuk pengguna blogspot.  Tapi ada juga yang perlu diketahui bahwa umumnya Theme untuk WordPress disediakan berbayar, kalau pun ada yang menyediakan gratis umumnya kurang menarik dan juga ada hal penting yang tidak terdapat di dalamnya, yaitu bantuan dari pembuat Theme-nya jika sewaktu-waktu terjadi error. Untuk melengkapi langkah ini maka beberapa tutorial di bawah wajib anda baca:

a. Cara Mengganti Theme WordPress 

Biasanya secara otomatis ketika kita telah menginstall CMS dalam hosting kita maka sudah akan ada Theme bawaan di dalamnya. Masalahnya, umumnya theme yang sudah ada bentuknya biasa banget dan sudah pasti tidak sesuai dengan bentuk yang kita inginkan. Nah, untuk itu disarankan anda mengganti tampilannya tersebut dengan masuk ke menu Softaculous.

b. Tempat Beli Theme WordPress Berbayar

Ada banyak sekali situs yang menyediakan pembelian  Theme atau tampilan WordPress yang menarik untuk berbagai kebutuhan, mulai dari untuk tujuan web blog, toko online, company profile, situs berita, web properti, resep masakan, forum online dan lain sebagainya, tergantung jenis website apa yang akan anda buat. Jika anda ingin tahu dimana Theme Caraspot di beli maka jawabannya adalah Themeforest.net. Tapi kalau mau tahu penyedia lainnya lebih baik kunjungi link yang ada di awal paragraf ini. Di antara kelebihan dari membeli Theme di Themeforest adalah karena memang situs tersebut disediakan khusus untuk jual beli theme yang mana ia memfasilitasi programer yang punya theme buatan untuk dijual di sana. Dan yang lebih menarik lagi karena semua penjual di situsnya diawasi ketat, misalnya saja theme yang kamu beli ada error dan si pembuat tidak mau membantu, nah kamu bisa melaporkannya kepada management Themeforest, sehingga dengan demikian after sale (purna-jualnya) lebih terjamin.

Tapi menurut pengalaman saya sendiri, selama membeli di sana hampir semua pembuat themenya ramah menjawab setiap pertanyaan kalau ada keluhan dan bahkan komunikaisnya langsung lewat email dan mereka siap menata langsung dalaman web kita kalau memang kita tidak bisa melakukannya, selama itu masih soal produk mereka.

c. Cara Beli Theme WordPress di Themeforest.net

Silahkan masuk ke halaman tersebut, Anda akan dipandu langkah-langkah dalam melakukan pemesanan hingga file-nya bisa masuk ke dalam komputermu dan selanjutnya tinggal di-upload ke dalam website yang caranya sudah dijelaskan dalam tautan cara mengganti Theme WordPress di atas. Yang perlu diketahui di sini, ketika anda membeli theme di Themeforest.net maka wajib memiliki kartu kredit atau rekening online seperti Paypal dan Payza. Tapi saya sendiri karena waktu itu belum punya rekening online seperti paypal jadi pakai jasa belanja online, anda bisa cari di Google jasanya karena sudah banyak sekali yang menyediakan. Biasanya akan dikenakan jasa tambahan untuk itu.

Tahap Membangun Web


1. Mengisi Website dengan Artikel 

Jika anda sudah masuk pada tahap mengisi atau menulis artikel untuk website anda ini, maka itu artinya anda sudah selesai membuat website anda sendiri dan bersamaan dengan itu web tersebut juga sudah online dan bisa dikunjungi orang dengan mengetikkannya di browser seperti Mozilla Firefox atau pun Google Chrome. Yang perlu ditekankan di sini adalah bahwa menulis artikel untuk blog atau web berbeda dengan kita menulis buku atau naskah lainnya, karena yang jadi pertimbangan pembacanya untuk web bukan cuma ditujukan untuk manusia tapi juga pada mesin pencari, dalam hal ini Google, Bing dan selainnya. Kenapa demikian? Ya, karena jika kita menulis hanya untuk dibaca orang dan tidak mempertimbangkan teknik agar mudah masuk halaman pertama google (atau istilahnya teknik SEO) maka bisa jadi ia tidak akan pernah dibaca orang karena ia sulit ditemukan di mesin pencari, padahal sumber utama pengunjung blog umumnya dari mesin pencari, khususnya Google. Dan mengenai masalah ini Anda harus belajar tekniknya berikut ini:

Tulislah artikel-artikel yang berkualitas dan SEO Friendly pada website Anda agar mudah terindeks dan masuk halaman pertama Google. Adapun SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization, atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya adalah optimasi mesin pencari, yakni suatu usaha atau teknik yang dilakukan agar website kita mudah terindeks dan mendapat ranking yang baik (atau kalau perlu ranking 1) di berbagai mesin pencari, termasuk Google dan Yahoo. Jangan pikir kalau tekniknya sulit karena hanya ada beberapa pengaturan yang harus dilakukan di dalam artikel yang kita tulis, seperti cara menarapkan kata kunci, penggunaan gambar, dan format tulisan yang baik dan lain sebagainya.

Tahap Optimasi dan Perawatan Situs

Dalam tahap ini kita anggap saja kalau website yang telah kamu bikin sudah terisi beberapa artikel dan tinggal melakukan optimasi agar posisinya di mesin pencari bisa mengungguli blog lain dan kalau perlu web anda jadi yang Ranking 1 di Google agar tafik atau kunjungan per harinya bisa sampai ribuan per hari. Optimasi yang dimaksud di sini adalah dengan melakukan teknik SEO sebagaimana telah di singgung di atas, bedanya di sini kita melakukan SEO eksternal yang mana faktornya dari situs lain, dalam hal ini kita menyebutnya Backlink. Adapun pengetian backlink adalah link atau tautan dari situs lain yang mengarah ke websitemu, baik itu dalam bentuk komentar thread di forum online, dalam buku tamu berbagai situs, dalam artikel blog orang dan lain sebagainya. Intinya, backlink ini diibaratkan sebagai ‘vote’ atau rekomendasi dari situs lain yang mana semakin banyak dan semakin berkualitas blog yang merekomendasikannya maka akan semakin baik juga rankingnya di Google.

Baik tidaknya situs yang memasang backlink ke web mu dinilai dari banyak faktor, terutama jika situs tersebut memiliki reputasi yang bagus di mata Google, seperti memiliki pagerank (PR) tinggi maka efeknya pada ranking webmu juga akan lebih maksimal. Dan mengenai teknik terbarunya bahwa link yang tertanam dalam artikel blog lain diangap sangat baik dalam mengangkat ranking suatu artikel di mesin pencari. Jadi usahakan cari backlink yang bisa tertanan dalam artikel kalau mau cepat dapat posisi bonafit di google. Tapi itu saja belum cukup, kamu harus baca secara seksama ulasan yang direkomendasikan di atas agar bisa betul-betul mahir tekniknya.

Lakukan optimasi pada website Anda agar website tampil di hHalaman pertama google / Ranking 1 di Mesin Pencari. Dari semua tahap pembuatan website yang diajarkan sebenarnya inilah intinya, karena buat apa punya web cantik dan menarik kalau tidak bisa juara di google, padahal sumber utama kunjungan atau visitor dari web umumnya dari mesin pencari Google. Nah, dalam artikel tersebut kamu akan tahu apa saja yang harus dilakukan agar web yang telah dibuat bisa juara menduduki halaman 1 dan mengalahkan blog lainnya. Istilah untuk teknik ini dikenal dengan sebutan teknik SEO (Search Engine Optimization). Maksudnya di sini adalah kita melakukan optimasi pada web yang dibuat agar mudah terindeks dan rankin no. 1 di google dan situs penelusuran lainnya.

Tahap Monetasi (Menghasilkan Rupiah dari Website)

Jika ingin sungguh-sungguh menjadi blogger (sebutan untuk orang yang kerjanya cari uang lewat blog atau website) setelah berhasil dalam cara membuat website .com di blog ini, maka selanjutnya anda harus sampai pada tahap ini, yakni menghasilkan uang dari blog atau web. Tapi ini baru bisa dicapai kalau semua langkah yang disebut di atas sudah betul-betul anda jalankan. Memang butuh waktu yang agak lama untuk bisa mencapainya, tapi kalau sudah menghasilkan dan bisa terima uang tiap bulan tentu anda akan bangga sendiri karena uang yang anda dapatkan dari hasil belajar dan jerih payah anda sendiri, bahkan cara membuat website sendiri yang anda pelajari di sini sama sekali bukan dari bantuan orang lain, melainkan hanya dari usaha anda melakukan trial and error hingga bisa berhasil.

Cara Menghasilkan Uang dari Web salah satunya adalah Google Adsense. Google Adsense adalah program periklanan yang diciptakan oleh Google yang mana peran google di sini adalah sebagai perantara antara pebisnis yang ingin melakukan promosi lewat web atau blog dengan pemilik website itu sendiri. Begitu kita diterima dalam programnya maka kita akan memiliki akun dimana dari sana kita mengambil kode iklannya yang kemudian kita pasang dalam blog kita, adapun kodenya, materi iklan di dalamnya akan berganti-ganti sesuai dengan tema artikel dimana kode iklan tersebut ditempatkan, mislanya saja artikel yang kamu tulis soal jasa buat web maka iklan yang muncul pun akan berkaitan dengan itu. Adapun pembayarannya, si pemilik blog akan mendapat 65% dari biaya pasang iklan dari pengiklan dan google akan mendapat 35%. Cara mencairkan uangnya bisa melalui kantor pos dengan bantuan layanan pengiriman uang oleh Western Union atau juga dengan menggunakan Cek di bank terdekat, hanya saja kalau cek dikenakan biaya.

Demikian pembahasan Cara Membuat Website Sendiri Mudah dan Gratis Untuk Pemula ini. Semoga pembahasan yang disampaikan berguna dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pembaca. Terima kasih telah mengunjungi blog teknologiarif.blogspot.co.id dan baca juga artikel menarik lainnya.


Belajar Membuat Website



Berikut tempat kursus website terbaik yang sangat bagus dengan 13 tahun pengalaman, telah memiliki 15 ribu lebih alumni, dan Peraih Ratusan Penghargaan.


http://www.babastudio.com
Baba Studio adalah Web Consulting & Training Company, Baba Studio juga mempunyai beberapa Paket Kursus seperti :


1. Kursus Web Desain 

Dapat membuat tampilan atau desain website lebih cantik dan menarik sehingga membuat pengunjung betah dan kembali lagi.



Apakah Paket Kursus web design Itu? Dengan Mengikuti Kursus Web Desain ini, anda akan mampu mendesain website yang sesuai dengan keinginan Anda. Cocok sekali jika anda ingin menjadi seorang Web Designer tatapi anda tidak suka dengan bahasa pembrograman. Anda akan Belajar HTML, CSS, PHOTOSHOP dengan ketiga materi tersebut dengan mudah anda men desain website seperti website-website yang anda idolakan. Di bawah anda bisa melihat, beberapa contoh Website yang dapat anda buat setelah lulus. Perhatikan lah contoh tersebut baik baik. Sebelumnya anda juga dapat melihat prestasi-prestasi alumni dari babastudio. Lebih dari 15 Ribu orang telah Kursus di babastudio sebelum kam.


2. Kursus Website

Belajar membuat Website dari awal sampai akhir tanpa latar belakang IT.

Tempat kursus website profesional di Jakarta Selatan ini telah menjadi favorit para dosen,direktur dan para eksekutif perusahaan ternama. Dengan Mengikuti Kursus Website professional.

Paket kursus website ini cocok bagi mereka yang tertarik dengan bahasa pemrograman komputer dan ingin melangkah lebih jauh dari hanya sekedar menjadi seorang Web designer. Paket Kursus Website ini akan membuat kamu menjadi seorang Webmaster. Mampu mendesign dan juga membuat pemprograman.



3. Kursus PHP

Dapat membuat website yang berjalan secara auto pilot seperti e-Commerce, Toko Online, Berita, Company Profile, Blog.

Website-website di bawah ini adalah contoh, karya yang dapat kamu buat, Setelah selesai mengikuti kursus php master pro di babastudio. Benar sekali, alumni babastudio telah berhasil membuat website-website ternama. barangkali awalnya mereka ragu tapi setelah selesai kursus php di babastudio keraguan mereka sirna. Dikarenakan bagusnya karya mereka setelah kursus di babastudio
.



4. Kursus Internet Marketing

Membuat Anda cepat dan mudah memahami Cara Kerja Bisnis Online bahkan tanpa latar belakang IT.

Apa Yang akan Anda Pelajari Dari WorkShop Internet Marketing yang Luar Biasa Ini? Anda Siap memasuki Dunia Bisnis Online yang sesungguhnya? Persiapkan DIri Anda. Sesaat Lagi Kita akan mempelajari Teknik Internet Marketing Untuk memperoleh Omzet Miliaran.

  1. Cara babastudio menjual puluhan ribu produk perbulan secara Online (dari mulai barang seharga 25 ribu/produk s/d 250 juta per produk).
  2. Bagaimana cara babastudio melipatgandakan penjualannya secara online sampai 40 x Lipat menggunakan digital marketing.
  3. Anda bisa tau produk apa yang pasti LAKU jika dijual secara online
  4. Anda bisa tau siapa saja competitor anda Dan kekurangan mereka
  5. Cara membuat website anda tampil dihalaman pertama Google
  6. Cara membuat website anda Ramai dengan Pengunjung yang “PUNYA UANG dan suka akan produk anda.
  7. Bagaimana merubah pengunjung Website menjadi pelanggan setia.
  8. 5 kesalahan fatal pebisnis Online dan cara memperbaikinya.
  9. Perbedaan cara menjual di Social network (Facebook, twitter dll) dan di website.
  10. Cara beriklan di media online dengan murah dan Efektif.

5. Kursus SEO

Membuat Website Anda di senangi oleh Google sehingga berada di urutan teratas.

Kursus SEO Terbaik 2016 Di jamin BISA meskipun Anda awam. Materi Adalah Teknik terbaru dalam Bidang SEO. Berdasarkan Pengalaman kami, Sukses muncul dihalaman pertama Google!



6. Kursus Animasi Drawing

Membuat animasi secara instan dan profesional tanpa harus bisa menggambar dan animasi.

Ingin mempelajari Animasi Drawing yang keren, meskipun kamu tidak memiliki latar belakang Bidang IT, bahkan tidak bisa menggambar atau kamu tidak puas dengan hasil gambar kamu? Jangan khawatir, Paket Animasi Drawing dari babastudio akan membuat kamu mampu menguasai Animasi dalam waktu singkat.


Ketika kamu selesai Mengikuti Paket Kursus ini, Kamu akan terlihat seperti seseorang yang JAGO gambar. Jangan kaget, kalo orang terdekat ataupun Bos Kamu akan memuji-muji karya animasi yang kamu buat


Jika kamu ingin tau seperti apakah karya yang dapat kamu buat setelah lulus Program ini Silahkan Putar, video animasi di samping kamu.



7. Kursus Game

Membuat Permainan Menyenangkan yang dapat dijalankan di Komputer dan Smart Phone.

Ingin Bisa Bikin Game Mobile kaya Angry Bird atau Flappy bird dan yang lainnya? Ikuti paket membuat Game dari babastudio. Jika kamu, mau tau seperti apakah Game yang bisa kamu buat. Silahkan untuk melihat video yang berada di samping. Setelah kamu selesai membuat game tersebut. Kamu dapat meng Uploadnya ke Google Play ataupun Apple store. Jika kamu mengikuti paket ini, maka selesai mengikuti paket, kamu akan membuat 2 buah games.



8. Kursus Desain Grafis

Membuat brosur, company profile, poster, ilustrasi, dan majalah.

Kamu ingin belajar membuat buku, majalah, atau brosur? Kamu ingin bekerja di perusahaan penerbitan atau percetakan? Kursus Desain Grafis adalah jawaban untuk kamu yang ingin menguasai Desain Grafis menggunakan Adobe In Design. Setelah menguasai Adobe Indesign di babastudio ini. Kamu akan mampu membuat Majalah Baik Online maupun majalah Konvensional. Kamupun bisa membuat layout buku. Sehingga buku itu menarik untuk dibaca. Selain Itu kamupun, akan mampu membuat Brosur.



9. Kursus Komputer

Mengoperasikan komputer, windows, dan aplikasi-aplikasi perkantoran seperti word, exel, dan powerpoint.


1. PAKET KURSUS PENGENALAN KOMPUTER

Apa Yang akan Anda Pelajari Dari WorkShop Ini? Kamu akan belajar seluk beluk pengoperasian Komputer. Dari mulai memahami komponen-komponen sebuah Komputer. Sampai dengan Software untuk mengoperasikan Komputer. Kamu akan mengetahui bagaimana membuat folder, menyimpan File. Menggunakan Internet, Facebook, Membuat email dan mengatur email-email kamu agar rapih. Tentunya kamu juga akan menguasai cara pembuatan surat. Laporan dan dokumen menggunakan Microsoft Word.
  • Microsoft word
  • Pengenalan Komputer (Hardware dan Software)
  • Penggunaan Internet dan Social Media
Jam Pertemuan :
  • 18 Jam Pertemuan
  • Schedule Flexible, datang kapanpun kamu ada waktu. Kami akan siapkan kelas dan Guru, kapapunpun kamu tidak sibuk.


2. PAKET KURSUS EXCEL & PENGOLAHAN DATA

Dari Fundamental sampai dengan Advance ini Akan membuat kamu mampu untuk menguasai Excel meskipun kamu tidak memiliki latar belakang IT. Kamu akan memulai dengan rumus-rumus dasar dalam Excel. Termasuk tentunya rumus-rumus matematika lainnya. Kemudian Kamu akan mulai menguasai penggunaan data menggunakan VLOOKUP dan HLOOKUP. Kamu juga akan menguasai hal-hal seperti, bekerja dengan waktu, membuat outline, custom views. Memanipulasi Text dan mencari kesalahan. Tentunya juga penggunaan pivot table dan Grafik Pivot. Andapun akan mengenal dasar dari Rumus Makro.
  • Microsoft Excel 2007
Jam Pertemuan :
  • 18 Jam Pertemuan
  • Schedule Flexible, datang kapanpun kamu ada waktu. Kami akan siapkan kelas dan Guru, kapapunpun kamu tidak sibuk


3. PAKET KURSUS POWER POINT UNTUK PRESENTASI 

Kamu akan menguasai cara membuat presentasi yang menarik. Sehingga para hadirin tidak mengantuk dan bosan atas presentasi yang kamu berikan. Kamu akan belajar membuat presentasi dengan design yang keren. Serta mempelajari penggunaan Animasi. Kamu juga akan mempelajari cara untuk memasukan Video maupun music kedalam presentasi kamu. Tentunya kamupun akan menguasai cara menampilkan table dan grafik.
  • Power point 2013
  • Membuat materi yang menarik, dan tidak membosankan
Jam Pertemuan :
  • 18 Jam Pertemuan
  • Schedule Flexible, datang kapanpun kamu ada waktu. Kami akan siapkan kelas dan Guru, kapanpun kamu tidak sibuk.

 

10. Kursus Animasi Flash 

Membuat animasi interaktif seperti Company Profile, TV Promotion dan Film Kartun.

Setelah selesai dari kursus ini anda akan memiliki keahlian untuk membuat dan mendesign aplikasi multimedia seharga 3 sampai 10 juta. Anda akan memiliki sumber penghasilan baru yaitu dengan cara menjual aplikasi multimedia yang anda buat seharga 3 sampai 10 juta per aplikasi. Paket ini sangat tepat jika anda seorang Mahasiswa, karya anda dapat dijadikan bahan untuk Tugas Akhir sehingga anda cepat lulus dan jadi sarjana. Jika anda seorang karyawan, keahlian anda akan berguna bagi Perusahaan saat membutuhkan sebuah aplikasi multimedia.



Alumni Berprestasi

Alumni berprestasi, Bulan april 2016 lalu. Bang Andy F Noya mewawancarai beberapa murid babastudio. Mereka diminta untuk berbagi kisah sukses merka sebagi seorang Web Master, seseorang yang memiliki keahlian untuk mendesain website dan mampu pula untuk membuat website yang canggih. Beberapa diantara mereka telah bekerja di perusahaan-perusahaan e-commerce paling ternama di Indonesia. Ada juga yang memenangkan Lomba Start Up dan menjadi Pemenang Pertama mengantongi hadiah 100 Juta. Ada yang berhasil memenangkan Lomba Tingkat Nasional. Tidak sedikit yang menjadi pengusaha Bisnis Online yang mampu mandiri. Pelajari paket-paket kursus di bawah ini dengan seksama.


Bagaimana Babastudio Merubah Hidup Alumninya

Dengan Video di samping ini, kami tidak berniat untuk mengatakan bahwa babastudio dalah tempat Kursus Web Desain terbaik di Indonesia, karena pengajarnya memiliki pengalaman untuk membuat website-website ternama. Tujuannya adalah agar anda sebagai murid babastudio, merasa Aman dan Nyaman karena para Instruktur yang akan mendampingi proses belajar nanti adalah mereka yang telah punya karya, bukan sekedar bisa teori saja.
 
Sekian pembahasan tentang Belajar Membuat Website dan Cara Membuat Website Sendiri dari teknologiarif.blogspot.co.id, baca juga artikel-artikel menarik lainnya: | Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak | Tips Memilih Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang | Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca semuanya.  
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
13 Komentar untuk "Cara Membuat Website Sendiri Mudah dan Gratis Untuk Pemula"

terimakasih informasinya sangat membantu sekali :)

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzaninvestment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah Indonesia (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 72 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga dapat menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

Hai salam kenal,artikelnya bagus2 dan sangat membantu,oh ya kenapa blog ini tidak dipasangi iklan sehingga dapat menghasilkan uang ?,kunjungi www.infodaring.com,lihat website saya dengan nama domain TLD dan saya hostkan ke blogger,dan saya pasangi iklan google adsense untuk mendapatkan uang,mari saling berbagi informasi yang menguntungkan,makasih.

Panjang bener artikelnya. Makasih ya gan, bisa buat bahan saya untuk nulis artikel selanjutnya.

Kami menyediakan paket toko online, company profile, ukm, sekolah. Jasa Website Profesional

This is a very good article. Thanks for sharing this, I have been looking for this one for a long time. I will bookmark and return here next time to read more.

This comment has been removed by the author. - Hapus

Artikel yang sangat mambantu. Keep posting ganz

Terima kasih informasinya mas. Sekarang saya jadi tahu caranya membuat website sendiri dengan baik.

 
Template By Kuncidunia
Back To Top